Langsung ke konten utama

Belajarlah Dari Penyesalan

Gatau kenapa gue pengen aja ngepost tentang rasa sesal. Rasa menyesal itu berada di akhir. Ketika kita melakukan suatu hal yang salah, maka akan ada dampaknya di akhir. Kadang kita menyesal kenapa kita melakukan hal itu. Kita juga ingin mengembalikan waktu dan mencegah agar kita tidak melakukan hal tersebut. Tapi waktu terus berjalan. Kita gak bisa menghentikan waktu. Juga tidak bisa mengubah waktu.

Rasa sesal juga terkadang ada di saat kita mau kenalan tapi takut. Ketika lo liat ada orang cantik lewat dan ingin mengajak kenalan kita gak berani. Ketika dia sudah menghilang dari pandangan kita, kita menyesal . Kenapa kita tidak menegurnya dan mengajak berkenalan agar kita tau namanya siapa, mungkin juga kita bisa berkomunikasi dengannya. Atau kita melihat ada anak baru disekolah kita dan ingin mengajak berkenalan, tapi kita tidak punya keberanian. Disaat kita berhasil mengenalnya, betapa senangnya perasaan kita. Akhirnya kita tidak menyesal karna kita berhasil kenalan dengannya.

Rasa menyesal juga terkadang tumbuh disaat kita jadian. Kita udah memiliki pacar yang mau ngertiin kita apa adanya, yang selalu rela ditinggal oleh kita , yang rela juga gak kita anggap dan gak pernah ada komunikasi  tapi dia masih mau bersama kita. Disaat kita putus dengannya. Kita menyesal. Kita menyesal kenapa kita mutusin orang yang udah sayang sama kita. Yang udah peduli sama kita. Tapi kita acuhkan perasaan dia. Dia juga rela untuk menahan rasa sakitnya.Kadang juga, dia ngasih kado yang mahal saat kita ulang tahun agar kita bahagia tapi dia gak mengharap kannya balik. Dia cuman mikirin “yang penting pacar gue bahagia”. Sementara kita? Kita cuman mikirin agar diri kita sendiri yang bahagia . Egois.

Disaat kita udah gak bareng dia. Kita nyesel kenapa bisa begini. Kita nyesel nyia nyiain orang yang peduli sama kita. Disaat kita disukai oleh orang lain. Kita sia siakan. Disaat dia udah gak suka sama kita. Kita menyesal. Kenapa dia gak suka lagi sama kita atau malah terbebas dari dia.Beruntung kalian di sukai oleh seseorang walaupun hanya satu orang. Hargai dia bukan di sia siakan.

Kita juga terkadang menyesal disaat kita ulangan , di malam hari kita engga belajar dan kita meremehkan ulangan tersebut. Akhirnya kita mendapat nilai jelek. Kita menyesal kenapa kita mendapat nilai seperti itu. Tapi kita masih bisa mengubahnya jika kita memiliki tekad untuk berubah. Untuk tidak kembali ke kesalahan yang telah kita perbuat.

Penyesalan itu baik adanya. Jika tidak ada rasa penyesalan , kita tidak bisa belajar bersyukur dan tidak bisa belajar untuk berjuang lebih baik lagi. Karna rasa penyesalan itu gak enak. Kita pun ingin berubah agar tidak selalu menyesal akan semua hal. Kita ingin berubah lebih baik lagi. Disaat kita menyesal kita bisa mengambil suatu hikmah di dalamnya agar kita lebih baik lagi dan meninggalkan hal yang buruk tersebut.

Kayak mantan aja. Mantan itu yang mengajarkan kita untuk lebih baik lagi sama pacar yang akan datang. Mantan itu yang membuat kita untuk lebih menyayangi pacar yang sekarang. Mantan juga yang mengajarkan untu meninggalkan hal buruk kita seperti egois. Dengan  adanya mantan mungkin kalian bisa mengganti sifat buruk kalian dengan sifat baik kalian.Dengan adanya mantan kita jadi ingin pacaran yang lebih baik dari sebelumnya. Kita ingin menyayangi pacar kita sekarang lebih dari yang dulu.

Gak selamanya hal buruk itu gak baik. Kita bisa membuat hal buruk tersebut lebih baik. Seperti kita belajar dari hal buruk tersebut untuk tidak melakukannya. Maka kita bisa menjadi pribadi yang baik. Dan jika lo sudah menjadi pribadi yang baik lo bisa memengaruhi orang lain untuk berbuat baik.
If you want change the world, you must change yourself              

Komentar