Langsung ke konten utama

" Eh ada tamuu,kamu siapa? "

Gue punya kejadian dimana gue berhadapan dengan orang yang sudah renta. Yang mengurasi emosi dan gelak tawa. Mungkin karna udah termakan usia, dia jadi kembali menjadi anak bayi. Jadi gini ceritanya

Pas lagi weekend,gue mampir ke rumah nenek gue. Dia udah tua pokoknya. Dia memiliki postur tubuh tidak terlalu tinggi dan menggunakan hijab dimanapun dia berada .




Setiap orang yang udah tua pasti aja ada masalah dalam kesehatannya. Nenek gue yang ini memiliki masalah kesehatan yaitu pikun. Kapan pun dan dimana pun dia pasti aja lupa. Lupanya itu cepet. Semisal gue ngasih tau info tentang sesuatu.

" kamu abis darimana? Kok keliatan letih banget" tanya nenek gue yang lagi ngeliatin gue seolah gue penjahat kelamin.

" tadi abis futsal langsung kesini,makanya capek" gue futsal di bekasi, rumah nenek gue di bogor. Tau sendiri jauhnya kayak apa.

" ohh"

5 menit berlalu dan dia kembali nanya

" kamu abis darimana ? kok keliatan letih banget "

Gue jawab lagi.

Eh dia nanya lagi.

Gue jawab lagi.

Tetep masih nanya lagi.

Kebetulan pas weekend kemaren gue kerumah nenek gue gara gara udah lama gak kesana, gak enak sama nenek. Kali aja kangen sama gue.

Sesampainya dirumah nenek, gue ketok pintu. Ngucapin salam. Ceritanya anak sopan. Padahal pencitraan. Keluar lah nenek gue dengan menggunakan hijab dan daster berwarna merah marun. Dia ngeliatin gue,gue ngeliatin balik terus salim.

Sehabis gue salim sama dia, dia bingung. Terus dia nanya " kamu siapa? Nyariin siapa? " nenek gue udah kaga kenal gue. Udah pikun ,lupa sama cucunya sendiri. "Erlangga nek,cucu nenek " dia mikir, akhirnya dia inget dan gue masuk kerumah berwarna hijau .

Gue langsung cabut keruang tamu buat istirahat sebentar karna perjalanan yang panjang, nenek gue nyamperin gue. Dia nanya.

" eh ada tamuu, kamu siapa ?"

"Erlangga nek,aku bukan tamu. Aku cucu nenek"

" oiya cucu nenek "

Gue bersyukur masih dinget sama dia. Selang beberapa saat dia nanya.

" eh ada tamuu, kamu siapa?"

Kembali gue jawab.

Kembali dia inget.

Dan kembali dia lupa.

Karna gue kesel,gue tinggal dia. Gue pergi ke saung buat istirahat. Eh nenek gue menghampiri gue dan bilang

" eh ada tamuu,kamu siapa?"

Sudahlah gue lelah.

Akhirnya karna gue kesel, gue bilang aja iya. Dia langsung ngajakin gue ngobrol.

" kamu kelas berapa?"

Gue jawab " 1 sma nek "

" dimana? "

" sma 113 "

" dimana itu?"

"Lubang buaya "

Dia diem ,di mikir lubang buaya tuh dimana. Gue langsung nimpalin lagi " jakarta timur "
" ohh jakarta ,saya tau itu. Ngomong ngomong adik atau kakak kamu sekolah dimana" udah tau gue anak tunggal yang sudah terlalu lama sendiri.

" saya anak tunggal bu"

" APA ANAK TUNGGAL ?!?! " ekspresi nenek gue kaget dengan mata melotot dan badan maju, seakan dia mendapatkan undian keliling akhirat. " kenapa kok bisa tunggal ? " nenek gue nanyain pertanyaan yang gak bisa gue jawab. Gue mana tau gue tunggal kenapa. Emang pas pembuatan adek baru gue liat, lagipula pembuatan gituan emang ada live streamingnya. Kan engga. Lagian gue hepi hepi aja jadi anak tunggal.

" kaga tau bu "

" hoo mungkin ayah ibu kamu sibuk kali yah " gangerti lagi deh.

" iya kali"

" ngomong ngomong sekarang kelas berapa ?" Nanya pertanyaan yang sudah ia tanyakan.

"1 sma nek "

" APA 1 SMA ?!?! ,wahh kamu tinggi juga buat kelas 1 " nenek gue kaget dengan ekspresi yang sama persis saat dia tau gue anak tunggal. Bukan gue nya yang tinggi,lunya aja yang kurang tinggi.
" adik kakak punya?"

Nanyain lagi.

" tunggal nek "

" APA ANAK TUNGGAL ?!?!" dengan ekspresi yang sama yang ngebuat gue ngakak sejadi jadinya. Mukanya lucu banget. Kaget kaget gimana gitu.

"Hmm mungkin kamu tunggal karna ayah bundamu sibuk,ngomong ngomong kamu kelas berapa?"
Siramlah aku nek , aku tidak kuat lagi. Udah nek udah cukup.

Karna gue iseng gue nanya " nek tinggal sama siapa disini ?"

" itu saya disini tinggal sama anak saya dan laki laki yang suka kasih makan ayam "


Om dan tante gue tinggal bareng nenek. Dan om gue dikatain kayak gitu. Yang nenek gue inget bukan nama melainkan laki-laki-yang-suka-kasih-makan-ayam ketimbang nama.

Karna gue jenuh ngobrol sama dia, gue pulang. Eh dia bilang " kapan kapan kesini lagi yah ,jangan kapok"

Bener bener gue disangka tamu bukan cucu. Ternyata nenek gue kaga kangen sama gue ,melainkan udah lupa.

Komentar