Langsung ke konten utama

Ketika Ingin Khusyu Malah Diajak Ngelucu



Sholat jumat adalah kewajiban umat muslim . Begitu juga gue yang rajin sholat jumat. Kalo gak rajin sholat, gue ngeri nanti di akhirat kena remedial. Ini sholat apa ulangan mtk.

Saat khotib lagi berceramah gue ngobrol sama temen .Bukannya solat malah ngobrol. Untung cuman ngobrol coba jualan baju pas orang lagi sholat. Tambah parah. Udah dosa nambah , pulang bonyok pula.

Begitu juga suasana di dalam masjid yang absurd. Kebetulan gue kebagian di bagian belakang masjid sebelah kanan. Di sana sarang anak anak kecil berkumpul untuk bersenda gurau ditempat yang ga tepat. Bukannya dengerin ceramah malah gulat. Gue liatin aja sambil jualan baju. Kadang juga makan kripik. Tunggu ini masjid apa pasar tradisional.

Kemudian gue suruh diem karna sudah terlalu menganggu banyak orang . Namun, Tetep saja masih gulat . Karna gue kesel. Gue jorokin ae sampe sujud . Sujudnya lama ,mungkin sekalian taubat. Lama banget, tau tau matanya merem ke enakan sujud malah tidur. Gue bangunin aja " dek dek bangun, udah adzan magrib buka puasa dulu" gue lupa sholat jumat kan siang lagipula kejadian ini terjadi saat bulan biasa bukan bulan puasa apalagi bulan purnama dan juga bukan datang bulan.

Anak kecil berbaju merah dengan sarung hijau serta kopiah yang membentuk seperti orang madura bangun sambil kucek kucek mata. Gue bangunin, dengan muka selonya dia kembali bergulat dengan temannya depan gue. Bukannya kapok malah dilanjutin.

Karna gue sudah kehabisan akal,gue diemin aja sampai ceramah selesai. Saat sudah selesai, gue langsung cari bagian terdepan buat kabur dari anak anak yang berisik ini. Namun takdir berkata lain. Gue gak kebagian bagian depan. Alhasil gue harus sholat sampingan sama anak kecil.

Sholat dimulai ,gue berusaha khusyu sholat namun anak kecil ini bertingkah. Mereka melakukan lomba maraton di depan orang sholat. Rasanya pengen nendang eh inget dosa. Kebetulan lagi inget dosa.

Dosa tuh ibarat nyamuk. Ada aja dimana aja tapi kadang kita gasadar dosanya mana.

Mereka mulai lelah melalukan lomba maraton. Lalu ada anak kecil yang mendekati gue dan melihat gue secara teliti. Dari atas sampai bawah. Dari kaki sampe rambut laki. Jangan berpikir yang macam macam. Rambut laki tuh jambang. Nah anak kecil tersebut ngajak gue bicara " lagi ngapain lu? Kok diem sih " dicolek perut gue. Tubuh gue diem, mulut gue senyam senyum,pipi gue merah dan otak gue marah pengen nyiram anak ini pake darah datang bulan.

" eh lo kok ngikutin mereka sih, lagi sujud diikutin, ngapain. Mending lomba maraton " lo lomba maraton saat orang sholat jumat masih pantes dimarahin. Lah gue? Mau dimarahin terus dipenjarain. Kalo dipenjara ada ac ada kulkas dan ada kamu sih aku rela dipenjara terus.

Gue tahan aja ketawa . Muka merah pengen marahin nanti gue batal. Pengen nendang takut dosa. Pengen ngeludahin takut salah sasaran. Takut kena karpetnya. Nanti pas lagi sujud gue kena ludah sendiri lagi. Mending kena karpet lah kalo kena orang depan?

Sholat kelar. Gue langsung cari anak yang tadi. Sialnya dia langsung kabur. Sementara gue hanya bisa melihat dari kejauhan dan berucap " pinter amet sih lu bales dendamnya atau gue yang bego bukannya dikejar malah duduk diam. Ah udahlah"

Komentar