Langsung ke konten utama

Perkembangan Tulisan

Minggu minggu ini, gue lagi suka ngestalk diri sendiri. Semua sosial media yang udah jarang gue mainin. Juga tulisan gue awal awal di tahun 2013.

Sekarang 2016. Wah lama yah gak kerasa.

Dari tahun 2013 sampai sekarang gue hobi nulis. Banyak banget cerita atau buku yang gue tulis di laptop. Kemarin gue baca bacain satu persatu. Memang gak ada yang gue terbitin, karna gue paham tulisan gue belum siap jadi royalti.

Walau begitu, gue terus upgrade tulisan gue hingga detik ini. Karna tulisan, bisa mengekspresikan diri. Lagipula, gue nulis karna ingin bukan karna materialis

Sekarang, gue lagi nulis cerita baru. Cerita ketiga di tahun 2016. Tentang perjuangan yang ga dihargai. Tapi gatau bakal gue publish di blog atau gue kasih ke penerbit.

Karna tulisan ini berhubungan dengan pribadi. Dan jarang banget tulisan pribadi yang menyangkut perasaan gue publish untuk orang lain lihat.

Hanya kepuasan batin dan selesai menulis biasanya gue move on dengan sendirinya. Mugkin kalau sempat ingin gue kasih ke orang yang bersangkutan. Tapi gapernah tulisan tentang perasaan sendiri ,gue kasih ke orang yang bersangkutan.

Gue sadar, dulu ditahun 2013an saat gue masih SMP. Tulisan gue bener bener asal. Humornya ga tertata asal kena. Gak mengandung sama sekali pesan tersirat.

Tapi banyak dari temen temen gue bilang kalo blog gue lucu. Padahal, saat sekarang gue baca. Gue selalu bingung dimana bagian yang lucu.

Tulisan gue awal awal hanya bercerita tentang cerita cerita kampret gue saat masih SMP. Kemudian berlanjut saat gue selesai un kelas 9.

Saat dimana gue pertama kali mengalami patah hati terhebat. Di tahun 2014 , tulisan gue mulai berubah menjadi tulisan tentang kegelisahan.

Galau mulu isinya. Tapi yah gitu, gue berkembang. Dari yang berpikir cengegesan berubah menjadi kegelisahan. Mulai membuat cerita tentang perasaan yang menyayat hati.

Gue sadar, gak selamanya dunia ini bahagia. Ada kalanya gue menyelesaikan tulisan yang serius.

Di tahun 2015, tahun dimana gue masuk SMA. Tulisan gue mulai tertata. Udah ada set up dan punch line untuk menulis humor. Masih ada beberapa tulisan tentang perasaan namun bukan tentang kegelisahan.

Humor gue juga ga asal, bahasa dan eyd juga udah lumayan rapih. Pesan dari setiap tulisan ada. Sekarang teman gue yang dari dulu baca bilang "er tulisan lu masih lucu, tapi kalo yang sekarang malah bikin orang buat berlama lama untuk membaca. Gak kayak dulu yang dicari lucunya mana"

Dan sekarang di tahun 2016, gue sadar gue belom matang. Tapi mulai berkembang. Tahu bagaimana menulis lucu atau serius. Tahu bagaimana menulis melankolis atau komedi.

Tulisan gue berkembang karna banyak membaca tulisan orang lain, menonton stand up comedy dan pengalaman hidup. Tulisan gue jadi berkembang. Mungkin tulisan gue gak sebagus yang kalian inginkan namun setiap kali gue baca gapernah ngebosenin. Gak seperti tulisan gue yang dulu, yang bosen banget gue baca. Juga beberapa draft buku saat pertama kali gue menulis.

Benar benar tidak menarik.

Tapi setelah gue baca draft gue ditahun 2016, gue benar benar menikmati. Berbeda dengan tulisan gue saat pertama kali mencoba dunia ini.

Jadi gue belajar dari hobi menulis, bahwa semuanya butuh proses. Gak asal lo coba lo bisa.

Karna menulis, akhirnya gue mulai menuai hasil. Gue berhasil menang lomba blog se dki jakarta. Dulu viewers blog gue perhari cuman 1-5 view. Paling itu diri gue sendiri.

Sekarang, view gue setiap hari lebih dari 100 view. Yah mungkin bagi kalian jumlah tersebut sedikit, tapi gue sudah mulai merasakan. Apa arti proses yang sebenarnya. Dari awal pembuatan hingga sekarang mempertahankan.

Komentar