Langsung ke konten utama

Ulangan Matematika

Sebagai seorang anak ipa. Gue dituntut untuk menguasai fisika, kimia dan matematika. Tapi, gue gak bisa. Gue anak ipa otak ips pengen jurusan agama. Iya, gue ingin maju bersama Allah.

Kenyataannya, gue anak ipa. Alhasil gue dongo pelajaran hitung hitungan. Apalagi matematika. Sekarang, matematika itu banyak macamnya. Matematika wajib dan matematika peminatan. Gue gak minat matematika. Masih dipaksa belajar matematika. Ini matematika pemerkosaan. Matematika yang memaksakan kehendak. Huh.

Setiap ulangan matematika, biasanya gue nyontek. Gue ganyontek kalo gue ulangan sendiri. Kalo gak sendiri, pasti gue nyontek.

Btw gue punya cerita tentang nyontek menyontek.

Jadi gini, saat itu hari selasa. Gue ulangan bersama teman teman sekelas. Kebetulan gue mendapat soal paket A. Sebangku gue b. Gue dengan sangat santai mengerjakan ulangan tersebut. Bahkan saking santainya, gue sempat ke kamar mandi. Boker sebentar. Terus balik lagi. Ngelanjutin main game. Bukan ngerjain ulangan. Masih mending gue main game. Kalo main api gimana? Apalagi apiteng. Nanti tangan gue bau kalau main apiteng. (Spiteng)

Gue santai bukan karna gue cerdas. Tapi gue dapet kunci jawaban. Gue sempet menduplikat kunci tersebut ke abang abang duplikat kunci. Bayar lima ribu. Tapi gratis. Karna tangan gue bau gara gara ngobok ngobok apiteng. Masih aja.

Ternyata kunci gue cuman sampe nomer 10. Dan soalnya ada 12. Haduh panik. Akhirnya gue bilang gini ke teman sebrang gue yang memiliki paket A juga "men oper kertas lo dong, gue gangerti nih"

Dia dengan hati hati mengoper kertas ulangannya. Guru matematika gue melihat. Gue woles aja. Tetap santai. Gue catat nomer 11. Gue kembalikan tanpa melihat sekitar.

Eh gue ga sadar, gurunya berjalan menghampiri gue. Jantung gue dag dig dug kayak pengen ngelamar pekerjaan. Bukan ngelamar kamu. Apeng banget pengen dilamar.

Dia hanya menepak gue sangat lembut. Gue senang. Bahagia. Lompat lompat nari harlem shake.

Eh dalam kebahagian. Terdapat kesedihan mendalam. Bukan kertas gue yang di ambil. Tapi kertas temen gue yang memberi contekan.

Dia diam. Gue diam. Suasana hening seketika. Saat ulangan tetap dilanjutkan. Gue minta maaf. Sesudah itu meledeki dan menertawakannya "yahhh kertasnya di ambil gara gara gue yahhh mampus"

"Lo bego, ngasih asal ngasih. Bukannya ditahan. Ah pea lo ah"

"Tenang aja. Semua masalah akan berlalu kok"

"Berlalu pala ayam. Kalo gue dapet nilai satu gimana. Haduhh er gue takut"

"Gapapa men ...kita positif lo gakenapa napa"

Sesudahnya, gue bukan merasa tidak enakan. Malah meledeki dia abis abisan. Padahal gue yang salah, gue yang ngeledekin dia. Teman teman juga mengikuti. Gue kasihan sih. Abis bagaimana lagi.

Kemudian. Dia bercerita ke gue "err tadi gue mimpi serem amat. Amit amit dha jan sampe"

"Apaan? Ibu lo ternyata cowo? Apa sekolah kebanjiran? Yah kalo sekolah kebanjiran mah mimpi indah. Kan enak tuh bisa berenang. Nanti gue bawa ban yang ada pala angsanya sama buat pos di pintu masuk buat narik narikin duit."

"Bukan bego. Gue mimpi nilai ulangan gue satu"

Dan dengan santai gue jawab "yaudah gapapa, ulangan lo ini bukan gue"

"Sialan lo"

Saat ulangan dia dibagikan. Nilai dia tidak apa apa. Gue juga. Dia senang. Joget joget harlem shake. Gue ikutan. Gurunya juga ikutan sambil muter muterin baju.

Komentar