Langsung ke konten utama

Akhir Masa SMA

Ganyangka. Gue sudah selesai un. Setelah itu, sekolah tinggal kenangan. Menjadi tempat dimana kejadian indah dan sendu juga menyebalkan tapi kalau di ingat jadi rindu, akan terngiang disaat kembali bernostlagia.

Semuanya udah selesai. Masa SMA, selama tiga tahun menggunakan seragam dari putih putih hingga baju koko kiki kini akan berganti. Tidak ada lagi hingar karna tawa. Dan senyap karna marah. Semuanya akan hilang berganti keadaan yang asing dan baru.

Terutama tentang teman. Dimana di SMA kita pasti bertemu teman. Ada yang lucu ada juga yang sendu. Teman di SMA banyak macamnya dan nanti teman tersebut hanya sekedar penghias memori di kala masih muda. Masih remaja dan masih SMA.

Gue akan rindu SMA, itu pasti. Terhadap apa yang ditinggalkan. Tentang perasaan yang masih mau berlama lama namun harus pisah. Tentang teman yang pasti dirindukan banyolnya. Dan teruntuk dia yang dirindukan keseluruhannya.

Semuanya akan manis. Menjadi gula dalam otak. Menjadi bagian dalam hidup dan menjadi bahagia dalam memori.

Jika dulu belajar terasa bosan,maka akan tiba dimana ingin mengulang pembelajaran. Jika dulu benci guru, maka akan tersenyum ketika melihat dia masih utuh. Jika dulu sering dihukum, maka akan tertawa miris jika diingat kejadian itu.

Masa SMA sudah berakhir. Sudah tidak bisa diulang hanya dikenang. Tentang teman teman yang dulu tertawa bersama akan berangsur hilang karna dunia yang terus berputar. Tentang perasaan yang belum tersampaikan. Tentang dia yang pernah singgah. Tentang dia juga yang kita tinggalkan. Tentang semua yang terlewat dan tentang semua yang pernah ada. Semuanya akan tersimpan dalam memori bernama masa SMA.

Sedih harus pergi tapi itulah kehidupan. Bergerak maju tanpa ada basa basi untuk berhenti sejenak atau memutar arah. Kembali ke sedia kala. Kembali ke masa dimana ingin diubah agar tetap bersama teman teman. Juga bersama orang yang kita sagang.

SMA sudah selesai. Gue harus sadar kalau waktu itu ada. Gabisa kita merengek terhadap waktu untuk membawa kita pergi ke masa lalu, kemudian memperbaiki kesalahan juga kenakalan yang kita perbuat.

Segala perbuatan hanya bisa diingat sambil tersenyum tipis. Seluruhnya akan kita tinggalkan. Semua perbuatan yang jadi kebiasaan, akan berubah. Maka kita harus beradaptasi terhadap perubahan.

Benar kata orang SMA adalah masa terindah. Dimana surga kehidupan ada di masa ini. Well said karna gue emang ngerasain. Punya teman solid. Punya guru killer dan lucu. Punya manis dan pahitnya jatuh cinta. Punya segala hal yang pantas untuk dilakukan anak SMA.

Andai waktu ini bisa diperpanjang. Maka seluruh umat ingin memperpanjang masa ini. Namun apa daya, itu hanya angan.

Kemudian setelah pergi. Akan muncul sebuah perasaan. Perasaan resah yang dinamakan rindu. Rindu masa SMA dan rindu teman temannya juga isi otak mereka. Sekarang kita hanya mengenang baik baik tentang ingatan yang lucu dan tinggalkan kenangan yang kacau.

Dan pasti.

Rindu itu akan ada.

Terima kasih SMA. Sekarang biarkan kami angkatan 2017 untuk melenggang pergi menuju jenjang selanjutnya. Jenjang yang lebih tinggi untuk mencapai impian.

Komentar