Langsung ke konten utama

Tips Memilih Jurusan Kuliah


Mimpi adalah harapan. Sebuah angan yang harus diwujudkan dengan berbagai cara yang positif. Mungkin salah satu meraihnya adalah dengan berkuliah di jurusan yang merujuk ke dalam cita cita.

Namun perlu ditekankan, memilih prodi dalam perkuliahan tidaklah mudajlh. Banyak dari mereka, siswa kelas 12 masih bingung mereka mau masuk mana dan minat mereka apa.

Bukan berarti cita cita kalian dokter, tapi saat memasuk bangku perkuliahan kalian malah jenuh sama hal yang berbau biologi. Mungkin juga kalian bercita cita ingin masuk prodi pertambangan, tapi nilai kimia lima. Itu juga nyontek.

Yah gapapa, namanya usaha yah apa salahnya. Tapi ,cobalah cari apa yang membuat kalian penasaran untuk digali lagi ilmu itu.

Nah di postingan kali ini, gua bakalan ngebantu kalian bagaimana tips memilih jurusan agar saat kalian masuk, kalian nyaman dan merasa tepat.

1. Pilih Jurusan yang Kalian Penasari

Penasaran akan membawa kalian untuk mencari tahu apa yang dimaksud. Mempelajari hal tersebut hingga ilmu itu masuk. Memberi kalian sebuah penjelasan dari hal yang kalian tidak ketahui.

Bukan penasaran coba coba. Melainkan penasaran yang membuat kalian rela untuk duduk didepan komputer, membaca apa saja yang kalian tidak ketahui. Membuat kalian semangat untuk terus mencari tahu.

Intinya, cari jurusan yang kalian rela begadang untuk mempelajari dan bahagia ketika kalian menjalani.

2. Ketahui Minat dan Bakat

Semua manusia diberkahi bakat. Walau ada beberapa dari mereka yang gatau apa sih bakatnya. Nyatanya, bakat adalah hal yang mudah dilakukan, tanpa perlu latihan terlalu keras kalian sudah cepat menguasai.

Bisa juga bakat adalah prestasi terbesar kalian semasa hidup. Bakat bukan melulu tentang menyanyi dan menggambar. Bakat juga tentang pelajaran matematik atau kemampuan bersosial.

Ketika mempelajari hal yang mudah dikuasai, maka membuat diri cepat menjadi seorang ahli. Mudah paham pelajaran biologi, cari jurusan yang berkaitan dengan biologi. Contoh : Kesehatan Masyarakat dan Dokter.

Bakat bukan harus tentang seni, bisa jadi tentang hal eksak.

2. Pelajari Hobi

Pekerjaan yang paling membahagiakan adalah hobi yang dibayar

Jika mempelajari tentang hobi, pelajaran mejadi menyenangkan. Kita ambil contoh saat masih sekolah rata rata anak cowo gemar pelajaran olahraga karena mereka gemar bermain bola sepak.

Membuat waktu tidak terasa dan pengetahuan jadi cepat masuk tanpa perlu tertekan. Cukup santai menjalani dan bahagia menjalani hobi.

Belajar dengan hati adalah belajar tentang hobi.

3. Penunjang Mimpi

Bermimpi menjadi ahli komputer yang bekerja di Google. Masuklsh jurusan yang menunjang. Contohnya : Sistem Informasi , Teknik Informatika, Ilmu Komputer

Belajar tentang mimpi menjadi tak sia ketika kuliah.

Coba bayangkan masuk jurusan Antropologi namun cita cita kerja di Krakatau Steel. Masuk jurusan Metalurgi agar seusai dengan keinginan bekerja di Krakatau Steel.

Hal tersebut malah membuang waktu. Ketika harus rela merelakan mimpi karna tidak sesuai dengan program studi.

Ingat! Pilih karna menunjang cita cita bukan karna “yang penting masuk”

5. Stop Memilih Asal

“Ah yang penting negri deh, apa aja asal negri”

Kuliah di Univ A Jurusan B paling juga kerjanya di bank”

“Mana aja dah asal kaga nganggur

“Ah bodo amat ah. Suka gak suka, yang penting kemungkinan gue masuk tinggi

Pernah gak denger statement kaya gitu?

Jujur, gua pernah denger kaya begitu dan gua juga perna ngomong itu. Namun pada akhirnya, gua memasuki tempat yang pas dengan hobi juga bakat bukan karna prospek kerja tinggi melainkan karna gua penasaran dengan jurusan tersebut.

Berhenti memilih asal, kalian akan menyesal ketika duduk di bangku perkuliahan. Menjadi jenuh karna tidak tahu pelajaran apa itu.

Berhenti memilih asal, kalian akan terbebani karna tidak santai menjalani.

Berhenti memilih asal karna paksaan orang tua. Kalian yang belajar, bukan mereka. Orang tua memaksa kalian masuk Kedokteraan namun kalian mencintai Fotografi .

Jalani menurut hati, bukan karna paksaan sana sini.

Pikirkan lagi baik baik. Kenali diri sendiri, bukan malah mengikuti pendapat yang sama sekali kalian tidak sukai.

Hidup ini punya kalian, pilihlah dengan bijak. Jangan asal memilih namun ketika masuk kalian malah benci hal itu.

Komentar